Surat Kabar China Hapus Editorial yang Serukan Lebih Banyak Kebebasan Media

a220c61d558122c35d178e90c49e717f

Kontak Perkasa Futures – Sebuah editorial surat kabar China yang mengeluhkan campur tangan pemerintah di media dan “meningkatkan restriksi” terhadap wartawan China telah dihapus dari situs web harian itu.

Komentar dalam bahasa Inggris itu diterbitkan pada Senin (8/11) di Global Times, surat kabar nasionalis yang dikontrol Partai Komunis China.

“Saya sangat merasa bahwa semakin sulit untuk menjalankan media,” kata Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times dalam editorial itu.

Hu lebih dikenal karena kecaman-kecamannya terhadap AS, khususnya ketika hubungan AS-China memburuk. Namun, dalam editorial Senin itu, ia malah mengkritik Beijing.

“Terus terang, praktisi media telah mengalami restriksi yang meningkat selama beberapa waktu,” kata Hu. Campur tangan itu, lanjutnya, dapat “berdampak pada fungsi media sebagai sumber berita” dan menyebabkan hilangnya “kredibilitas dan efektivitas juang.”

“Sebagai garda terdepan, mereka harusnya dipercaya dan memiliki ruang independen untuk melakukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” lanjutnya.

Pada hari Kamis, editorial itu tidak dapat ditemukan di situs berbahasa Inggris Global Times. Editorial ini diganti dengan pernyataan 404 “laman tidak ditemukan.” Akun Twitter Global Times menghapus cuitan sebelumnya yang mengaitkannya dengan tulisan itu. Editorial tersebut juga tidak dapat ditemukan di situs web bahasa Mandarin surat kabar itu.

Hu tidak segera menanggapi pertanyaan VOA mengenai mengapa artikel itu tidak dapat diakses.

Sumber : VOA

 

PT KP Press

Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa Futures