Inflasi Menambah Kenaikan Terbesar Dalam Harga Konsumen Sejak 1990

 

5494090a1de94b2d41f125d737d043ae

PT KP Press – Harga yang dibayar oleh konsumen AS meningkat pada bulan Oktober dari tahun sebelumnya paling banyak sejak tahun 1990, melebihi perkiraan dan menambah bukti tekanan inflasi meningkat karena perusahaan menemukan lebih banyak keberhasilan dalam meneruskan biaya yang lebih tinggi.

Indeks harga konsumen naik 6,2% dari Oktober 2020, menurut data Departemen Tenaga Kerja yang dirilis Rabu. CPI naik 0,9% dari September, kenaikan terbesar dalam empat bulan.

Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom menyerukan kenaikan 5,9% dari tahun sebelumnya di CPI keseluruhan dan peningkatan 0,6% dari bulan sebelumnya.

Dengan latar belakang permintaan yang kuat, bisnis terus menaikkan harga barang dan jasa konsumen pada saat yang sama buntunya rantai pasokan dan kekurangan pekerja yang memenuhi syarat menaikkan biaya. Banyak ekonom, termasuk beberapa di Federal Reserve, memperkirakan tekanan harga tersebut akan bertahan hingga tahun depan, menjaga inflasi tetap tinggi.

Sebuah laporan pada hari Selasa menunjukkan harga yang dibayarkan kepada produsen AS juga meningkat bulan lalu, sebagian besar karena biaya barang yang lebih tinggi, dan menambah kekhawatiran tentang tekanan harga yang terus-menerus di seluruh dunia. Di China, inflasi di tingkat pabrik bulan lalu meningkat paling tinggi dalam 26 tahun, sementara harga konsumen di Brasil meningkat lebih dari perkiraan. (knc)

Sumber : Bloomberg

 

PT KP Press

Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa

PT Kontak Perkasa Futures