PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun

Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun

4f0b0962-6fd4-4c26-81ac-c06fbd054a83_169PT KP Press – Emas masih jadi instrumen investasi yang menarik bagi beberapa orang meski mengalami penurunan harga emas dalam enam bulan terakhir. Tak terkecuali, investasi emas secara daring atau online karena dianggap lebih efisien dan praktis.

Salah satu layanan investasi emas online disediakan oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melalui Brankas LM. Brankas LM adalah layanan pembelian dan penyimpanan emas LM Antam oleh Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UPBPP) Logam Mulia yang merupakan salah satu unit bisnis di PT Antam.

Lantas bagaimana cara berinvestasi emas secara online dengan layanan LM Antam? Berikut langkahnya:

1. Mendaftar ke Kantor Cabang

Perlu dicatat, meski investasi emas ini bersifat daring atau online, proses pendaftaran pertama kali mewajibkan calon pelanggan datang ke kantor Antam, yaitu Butik LM, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, pendaftaran tidak dapat diwakilkan sehingga Anda harus datang sendiri ke kantor cabang tersebut. Setelah membaca persyaratan dan ketentuan, Anda tinggal mengisi formulir registrasi dan melampirkan dokumen antara lain KTP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Kartu Keluarga untuk keperluan ahli waris.

Untuk pendaftaran, Anda juga perlu membayar biaya tahunan yang berbeda-beda tergantung jenis keanggotaan yang akan menentukan jumlah investasi maksimum yang diperbolehkan.

Jenis keanggotaan yang dimaksud antara lain sebagai berikut:
-Individu Gold: Biaya Tahunan Rp300.000, dengan batas tabungan 500 gram
-Individu Platinum: Biaya Tahunan Rp500.000, dengan batas tabungan 1.000 gram
-Individu Diamond: Biaya Tahunan Rp1.500.000, dengan batas tabungan 2.500 gram

Nantinya, Anda tinggal memilih jenis keanggotaan Brankas LM tersebut. Tentunya yang sesuai dengan rencana investasi Anda.
2) Masuk Situs Brankas LM

Selesai mendaftar, Anda akan mendapatkan user ID dan password untuk masuk dan melakukan transaksi jual beli di situs Brankas LM.

Perlu diketahui bahwa transaksi di www.brankaslm.com hanya bisa dilakukan di hari dan jam kerja, baik untuk transaksi pembelian, penjualan (buy-back) maupun order pengambilan emas fisik.

Jika transaksi online dilakukan di luar jam kerja, transaksi ditolak oleh Brankas LM. Semua pengajuan di website harus dalam jam kerja.

Investasi Online di Pegadaian

Selain Antam, investasi emas online juga bisa dilakukan lewat aplikasi Pegadaian. Caranya tak jauh berbeda dengan Brankas LM. Pertama, Anda harus melengkapi syarat dan ketentuan yang diperlukan guna membuka rekening Tabungan Emas di Kantor Cabang Pegadaian.

Kemudian Anda harus mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000. Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, Anda akan menerima Buku Tabungan Emas dan dapat melakukan pembelian Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram.

Apabila menghendaki fisik emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (1gr, 2gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih

Transaksi pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Baca Juga : Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas

Lewat e-Commerce

Selain Brankas LM dan Pegadaian investasi emas juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Bukalapak dan Tokopedia. Di Bukalapak, Anda bisa berinvestasi emas dengan fitur BukaEmas dengan minimum investasi mulai 0,0001 gram.

dalam fitur BukaEmas, emas yang didapatkan berasal dari Antam dan bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang kepingan emasnya mulai dapat ditarik jika sudah terakumulasi menjadi 1 gram.

Meski demikian, perlu diingat, Anda perlu mendaftarkan diri di akun Bukalapak jika ingin melakukan transaksi di BukaEmas. Sementara di Tokopedia, layanan investasi emas online yang dapat digunakan adalah Tokopedia Emas.

Menggandeng PT Pegadaian (Persero), Tokopedia Emas memungkinkan Anda mengkonversi emas yang dibeli dari aplikasi menjadi bentuk fisik. Emas ini nantinya dititipkan di Pegadaian dan aman karena di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk berinvestasi emas disini, mulailah dengan menginstal aplikasi Tokopedia. Kemudian buat akun terlebih dulu sebelum melakukan investasi. Jika telah terdaftar Anda dapat berinvestasi emas dengan modal mulai dari Rp5.000.

One Response to Cara Investasi Emas Online Saat Harga Turun

  1. […] PT Kontak Perkasa – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Selasa (16/2), ditopang oleh sentimen positif penurunan kasus harian covid-19 di dalam negeri. […]

Tinggalkan Balasan