PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

BEI Targetkan Transaksi Harian Bursa Tembus Rp8,8 T pada 2021

BEI Targetkan Transaksi Harian Bursa Tembus Rp8,8 T pada 2021

ihsg-akhir-pekan_169

PT Kontak Perkasa – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) bursa tembus Rp8,8 triliun pada tahun depan.

Direktur Utama BEI Inarno Djayadi mengatakan target tersebut sudah tercantum dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2021 yang disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan.

“Kami sangat optimis Rp8,8 triliun (RNTH) tercapai meski itu banyak sekali yang menyangsikan apakah itu tercapai Rp8,8 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers Penutupan Perdagangan BEI 2020, Rabu (30/12).

Bila dilihat, target tersebut lebih rendah dari realisasi RNTH tahun ini yang sebesar Rp9,18 triliun. Namun, Inarno menuturkan pihaknya masih memiliki ruang untuk merevisi target tersebut.

“Tentunya kami setiap bulan akan kami review dan kami masih punya kesempatan untuk membuat revisi RKAT. Jika ternyata transaksi tersebut jauh di bawah kenyataannya, kami masih memiliki kesempatan lagi direvisi RKAT kami bisa naikkan untuk RNTH tersebut,” katanya.

Baca Juga : Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas

Sementara itu, rata-rata frekuensi perdagangan bursa tumbuh 32 persen menjadi 619 ribu kali per hari. Hal tersebut salah satunya ditopang oleh kenaikan investor aktif harian sebesar 73 persen menjadi 94 ribu investor per 29 Desember 2020.

“Ini membuat aktivitas perdagangan BEI pada 2020 juga mengalami peningkatan,” ucapnya.