PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Adu Kekuatan Militer AS Vs Iran, Siapa Paling Kuat?

sdasd

PT KP Press – Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Iran memanas, kedua negara pun saling serang. Kedua negara itu bahkan menjadikan Irak sebagai medan perang. Hubungan Iran dan AS memanas setelah jenderal top Negeri Para Mullah terbunuh dalam serangan drone di Baghdad, Irak pada Jumat (3/1/2020).

Pembunuhan itu pun diklaim langsung oleh Presiden AS Donald Trump. Menurut Trump, pembunuhan itu sebagai tindakan pencegahan atas rencana Iran yang akan melakukan serangan terhadap AS.

Iran juga sudah melancarkan serangan dengan menembakkan rudal ke pangkalan militer AS di Irak. Televisi nasional Iran mengklaim bahwa serangan rudal itu menewaskan 80 personel AS. Diklaim juga oleh Iran bahwa kendaraan dan perlengkapan militer AS mengalami kerusakan parah akibat serangan itu.

Namun jika dilihat dari aksi saling serang Iran dan AS, siapa yang memiliki pasukan militer paling kuat?

Dilansir metro.co.uk, Rabu (8/1/2020), yang mengutip Global Fire Power menempatkan pasukan Donald Trump berada di posisi utama atau yang paling kuat, sedangkan Iran berada di posisi 14 dari 137 negara. Global Fire Power merupakan laman peringkat militer.

Baca Juga : Ini Investasi yang menarik di Tahun Politik

Peringkat militer Iran yang berada di posisi 14 tidak bisa dipandang remeh oleh AS, pasalnya Iran memiliki jaringan sekutu yang kuat dan dianggap sebagai ancaman besar bagi negeri Paman Sam.

Itu baru bicara posisi, kalau kekuatan militernya seperti apa?

Iran diperkirakan memiliki 523.000 personel aktif pada angkatan darat, laut, udara. Tetapi dengan populasi lebih dari 83 juta penduduk, pemerintah Iran bisa menarik lebih banyak pasukan yang berasal dari tenaga kerja jika dibutuhkan. Tenaga kerja yang berpotensi ada sekitar 47.324.105 orang.

Dari sisi anggaran, alokasinya mencapai US$ 6,3 miliar. Kekuatan daratnya terdiri dari 8.577 tank tempur, roket, kendaraan tempur lapis baja, artileri. Kemudian kekuatan udara, mulai dari pesawat tempur dan helikopter ada 512. Sedangkan kekuatan lautnya, Iran memiliki 398 kapal, mulai dari kapal selam dan kapal perang ranjau.

Iran juga memiliki 12 rudal jarak pendek dan menengah. Bahkan sebuah laporan Departemen Pertahanan AS menyebut pasukan rudal Iran merupakan yang terbesar di Timur Tengah.

Kalau AS bagaimana?

AS diakui seluruh negara sebagai negara yang memiliki kekuatan militer nomor satu di dunia. Kekuatannya jauh lebih kuat daripada Iran. Personel militer AS sebanyak 1.281.900 orang dan bisa bertambah mencapai 144.872.845 orang.

AS mengalokasikan anggaran pertahanan sebesar US$ 716 miliar. AS memiliki jumlah rudal lebih sedikit dibanding Iran, namun rudal yang dimiliki negeri Paman Sam ini lebih canggih.

Donald Trump memiliki 48.422 kendaraan perang yang terdiri dari tank tempur, roket proyektor, artileri, hingga kendaraan tempur lapis baja. Sedangkan di sisi udara, AS saat ini memiliki 10.170 alat tempur dan di laut memiliki 425 armada tempur.