PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Hari Ini, KNKT Akan Ungkap Hasil Investigasi Jatuhnya Lion Air 737 MAX

Hari Ini, KNKT Akan Ungkap Hasil Investigasi Jatuhnya Lion Air 737 MAX

knktPT Kontak Perkasa Futures – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mengungkapkan hasil investigasi jatuhnya pesawat Lion Air 737 MAX pada akhir Oktober lalu. Rencananya, pemaparan KNKT akan dilakukan siang ini.

“Iya rencana begitu pukul 14.00 WIB,” kata Kepala Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo, kepada wartawan, Kamis (24/11/2019).

Penjelasan KNKT akan disampaikan di Gedung KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat. Nurcahyo membenarkan jika hasil investigasi KNKT sudah disampaikan pihak keluarga korban.

“Sudah (disampaikan),” katanya.

Sebelumnya, hasil penyelidikan KNKT terkait jatuhnya Lion Air JT610, menyebutkan, salah faktornya ialah adanya kegagalan perangkat anti-stall utama. Selain itu, ‘kekurangan’ dalam komunikasi awak pesawat juga disebut sebagai faktor penyebab jatuhnya pesawat.

Adapun ketergantungan pada sensor angle-of-attack tunggal membuat sistem MCAS lebih rentan terhadap kegagalan, sedangkan sensor angle-of-attack tunggal yang terdapat pada pesawat yang jatuh itu diketahui telah salah dikalibrasi selama perbaikan yang dilakukan sebelumnya.