PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Menkominfo: 113 BTS Mati Terdampak Tsunami Selat Sunda

Menkominfo: 113 BTS Mati Terdampak Tsunami Selat Sunda

tsunamiKontak Perkasa – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan pascatsunami Selat Sunda pada Sabtu malam (22/12), tercatat ada 113 lokasi Base Transceiver Station (BTS)/e-Node yang tidak berfungsi dari keseluruhan operator di Serang, Pandeglang, dan Lampung Selatan.

“Semuanya mati karena kehilangan pasok listrik PLN,” ujar Rudiantara kepada detikINET melalui pesan singkatnya, Selasa (25/12/2018).

BTS yang tidak berfungsi tersebut kemudian diatasi dengan mengerahkan genset ke lokasi. Lebih lanjut, kata Rudiantara, setelah operator memasang genset pada hari ini, tinggal 61 lokasi BTS/e-Node yang belum aktif kembali.

Mengenai sisa lokasi BTS/e-Node yang belum aktif, Menkominfo menyampaikan akan secepatnya dipasangi genset. Sehingga, layanan telekomunikasi di sekitarnya bisa pulih kembali.

“Ada operator yang sudah 100% pulih, namun masih ada yang belum sepenuhnya pulih,” kata Rudiantara.

Kendati masih ada 61 lokasi yang dinyatakan belum normal lagi, tetapi kata pria yang disapa Chief RA ini, secara keseluruhan hanya mempresentasikan 1,3% dari total BTS/e-Node di ketiga kabupaten tersebut yang mencapai 4.731 BTS/e-Node.

Hingga saat ini, jumlah korban tsunami Selat Sunda terus bertambah. Siang ini, korban tewas sudah mencapai angka lebih dari 400 orang.

“429 orang meninggal, 1.485 orang luka-luka, 154 orang hilang, 16.082 orang mengungsi,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan.

Data kerugian materiil terkait tsunami Selat Sunda juga terus bertambah. Ada 882 rumah yang rusak, 73 penginapan rusak dan 60 warung rusak.

“434 perahu dan kapal rusak, 24 kendaraan roda 4 rusak, 41 kendaraan ruda 2 rusak, 1 dermaga rusak, dan 1 shelter rusak,” sambung Sutopo.

Sutopo menyebut daerah yang paling parah terdampak tsunami Selat Sunda ialah Kabupaten Pandeglang.

“Tercatat 290 orang meninggal dunia, 1.143 luka-luka, 77 orang hilang, 14.395 orang mengungsi,” katanya.