PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Apa Tahun Politik Berdampak pada Ekonomi Digital Indonesia?

Apa Tahun Politik Berdampak pada Ekonomi Digital Indonesia?

tahunKontak Perkasa – Riset Google memperkirakan ekonomi digital Indonesia menembus Rp 1.448 Triliun di 2025. Tapi apakah tahun politik di 2019 akan berpengaruh pada prediksi itu?

Menurut Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf, riset bertajuk e-Conomy SEA 2018: Southeast Asia’s Internet Economy Reachers an Inflection Point yang dilakukan pihaknya melihat dari sisi makro dan masa depan, tak mengaitkan dengan situasi politik.

“Ini lebih ke estimasi peningkatan pengguna. Kami pun melakukan interview dengan para pemain. Jadi lebih melihat ke masa depan,” ujar Randy saat ditemui di kantor Google Indonesia, Selasa (27/11/2018).

Terkait ada atau tidaknya pengaruh dengan tahun politik, Randy mengatakan sulit untuk menjawab dengan pasti karena semua tergantung dengan dinamika dan situasi. Tapi dia yakin politik takkan berdampak besar karena masyarakat Indonesia sudah percaya akan pentingnya internet.

“Tidak peduli pilihan politiknya apa. Terpenting kita bekerjasama mencari solusi agar bisa membantu hadapi tantangan (ekonomi digital) ke depan,” tegas Randy.

Bicara soal tantangan, Randy menyebut ada enam hal yang harus dihadapi. Pertama peningkatan infrastuktur sehingga menghadirkan akses internet yang dapat diandalkan dan terjangkau. Kedua meningkatkan kepercayaan konsumen. Lalu perlunya pengembangan sektor logistik sehingga dapat mempercepat pengiriman barang e-commerce.

Penting pula meningkatkan adopsi pembayaran digital yang nyaman untuk bertransaksi online maupun offline. Tidak ketinggalan ketersediaan investasi modal ventura yang cukup untuk membiayai ekspansi perusahaan digital.

“Tantangan ini harus diatasi agar ekonomi digital lebih maju,” sebut Randy.