PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Macet di Hari Senin Bikin Stres? Atasi dengan Tips Berikut

Macet di Hari Senin Bikin Stres? Atasi dengan Tips Berikut

macetKontak Perkasa – Hari Senin biasa datang dengan segenap kesibukan baru mulai dari pagi hingga malam. Sayangnya situasi jalanan kerap kali tak bersahabat dengan padatnya aktitivitas, terlepas dari moda transportasi yang dipilih. Situasi macet ditengah banyaknya agenda bisa memicu kecemasan.

“Cemas adalah reaksi alami dari sistem otak manusia, selanjutnya kita memikirkan opsi bertahan atau melawan. Kita bisa lari atau tancap gas sampai tujuan, yang semuanya jelas tak bisa bisa dilakukan. Kalau sudah begini tubuh menjadi tidak nyaman karena jantung berdegup dengan napas pendek dan cepat,” kata psikologi klinis Joseph Rock dikutip dari Cleveland Clinic.

Dalam situasi tersebut, Rock menyarankan tiga hal untuk mengontrol cemas akibat macet. Yang pertama adalah tetap berpikir positif, karena macet bisa terjadi pada siapa saja. Alih-alih deg-degan, lebih baik menginfokan sejak dini perihal kemacetan sehingga ada pemakluman. Hal ini sekaligus mengatasi rasa tidak enak hati.

Yang kedua adalah mengawasi reaksi fisik. Bagi yang mengendarai mobil sendiri, reaksi saat macet adalah meremas kemudi atau nyetir hingga mepet bahu jalan. Reaksi lain adalah mengecek gadget dan radio seputar info macet, yang jelas bukan jalan keluar dari situasi sekarang. Rock menyarankan tetap tenang dan rileks saat macet untuk menekan risiko kecelakaan.

Yang ketiga adalah kenali tanda stres jika mulai menyerang. Cemas bisa memicu stres yang direspon tubuh dengan memproduksi adrenalin dan kortisol, yang seolah memberi tanda ada sesuatu yang salah. Akibatnya tubuh terus merasakan stres meski macet telah usai. Rock menyarankan untuk mengatasi munculnya stes sejak dini, supaya tak mempengaruhi kinerja dan produkivitas.