PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Pakar Islam se-Dunia akan Kumpul di Palu, Bahas Peradaban Islam

Pakar Islam se-Dunia akan Kumpul di Palu, Bahas Peradaban Islam

islamKontak Perkasa – Indonesia menjadi tuan rumah Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2018 yang akan dihadiri 1.700 pakar dan praktisi dunia Islam. Sidang AICIS digelar untuk mencari masukan untuk kemajuan peradaban Islam.

Menurut Kementerian Agama (Kemenag), saat ini dunia masih kesulitan memahami Islam. Kesulitan pemahaman atas Islam salah satunya karena keberadaan ISIS yang menimbulkan paradigma negatif terhadap Islam.

“Kampanye ISIS yang terus menerus melawan kemanusiaan telah membuat citra Islam merosot di mata dunia,” ujar Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag Arskal Salim dalam keterangannya, Kamis (13/9/2018).

Sebab di Irak dan Suriah, ISIS terus melakukan serangkaian ancaman dan teror yang memunculkan pandangan dari dunia terhadap Islam. Padahal di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, banyak pemikiran-pemikiran baru yang dilahirkan dalam peradaban Islam.

“Kita sangat kaya akan khazanah keislaman yang belum tergali dengan sempurna,” jelas Arskal.

Oleh sebab itu, sidang AICIS akan mengangkat tema ‘Islam Di Asia Tenggara Dan Dunia Global: Teks, Pengetahuan Dan Praktek’. Praktik keislaman di Asia Tenggara akan menjadi kajian utama yang dibedah dalam berbagai disiplin ilmu.

Sidang AICIS ini akan digelar tanggal 17 sampai 20 September 2018 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah. Pembicara Kunci dalam forumn ini adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Pakar Studi Islam Dominik Müller, Ph.D dari Max Planck Institute for Social Anthropology, Jerman.

Tinggalkan Balasan