PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Jokowi Ingin Ciliwung Bersih Bak Sungai di Seoul, Ini Upaya DKI

Jokowi Ingin Ciliwung Bersih Bak Sungai di Seoul, Ini Upaya DKI

ciliwungKontak Perkasa – Presiden Joko Widodo berharap Kali Ciliwung bersih seperti Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan sungai di Jakarta, termasuk Kali Ciliwung.

“Dinas Ligkungan Hidup dengan 4.215 pasukan oranye UPK Badan air disebar di semua titik sungai, waduk, situ, danau, kali dan saluran penghubung. Untuk membersihkan sampah selama 8 jam perhari,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jkaarta Isnawa Aji kepada detikcom, Rabu (12/9/2018).

Terkait kebersihan secara umum, Isnawa mengatakan Jakarta mengalami perubahan siginifikan selama 3,5 tahun terakhir. Tapi dia mengakui mutu air sungai di Jakarta masih belum terlalu baik.

“Namun seperti yang diinginkan Bapak Jokowi. Jakarta masih punya PR besar terkait kualitas baku mutu airnya,” ucapnya.

Isnawa tetap yakin Kali Ciliwung bisa seperti yang diharapkan Jokowi. Hal tersebut, menurut Isnawa, bisa terwujud dengan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat.

“Jadi harapan Pak Jokowi Kali Ciliiwung bersih bisa terwujud. Tidak hanya bebas sampah, tapi kualitas airnya memenuhi baku mutu, tidak bau, tidak keruh dan tidak ada bakteri e-coli, timbal, mercury dan lain sebagainya,” papar Isnawa.

Sebelumnya, Jokowi didampingi istri, Iriana Widodo, menyusuri Sungai Cheonggyecheon saat berkunjung kw Seoul, Korea Selatan. Keduanya kompak memakai jaket merah. Wali Kota Seoul Park Won-Soon juga ikut menemani Jokowi saat ‘blusukan’ ke sungai yang menjadi tempat nongkrong favorit warga Korea itu.

“Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” kata Jokowi saat berjalan di pinggir sungai, dikutip detikcom dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (11/9).

Tinggalkan Balasan