PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | KRL Sudah Padat, LRT Jabodebek Sampai Bogor Perlu Dipercepat

KRL Sudah Padat, LRT Jabodebek Sampai Bogor Perlu Dipercepat

jabodetabekKontak Perkasa – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan 2 tahun lagi lintasan LRT Jabodebek bakal sampai Bogor. Saat ini, LRT baru akan dibangun hingga ke Cibubur.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno menilai LRT memang perlu dibangun sampai ke Bogor. Pasalnya keberadaan KRL Jabodetabek sudah semakin penuh dan desak-desakan.
Menurutnya perlu ada alternatif moda transportasi untuk memecah tingginya angka penumpang di KRL Jabodetabek. Maka dirasa tepat jika pembangunan LRT dilanjutkan ke Bogor.

“Saya kira di Bogor itu sekarang kan sudah ada KRL. Kita lihat penggunanya sudah banyak,” katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Minggu (26/8/2018).
Djoko menyebut, pengguna KRL mayoritas berasal dari Bogor. Jumlahnya diperkirakan 60% lebih. Sisanya adalah penumpang yang berasal dari Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.
Nantinya keberadaan LRT hingga ke Bogor bisa menjadi pilihan warga di sana yang hendak ke Jakarta, selain mengurai kepadatan di KRL Jabodetabek.
“Sementara yang mau ke Jakarta dia di wilayah timur Bogor bisa manfaatkan jalur LRT. Bagi orang-orang Bogor yang merasa KRL terdesak bisa punya pilihan ada KRL ada LRT,” sebutnya.

Sementara itu, KRL Jabodetabek sudah tidak memungkinkan lagi untuk menambah kapasitas angkut. Pasalnya akan menganggu perlintasan sebidang. Perlintasan sebidang bakal makin macet jika intensitas perjalanan kereta bertambah.
“Artinya sudah nggak bisa tambah kapasitas kecuali jalur sebidang hilang bisa tambah kapasitas,” tambahnya.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut 2 tahun lagi, LRT Jabodebek akan tersambung hingga ke terminal Baranangsiang, Bogor.