PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Asian Games Berefek Langsung ke Ekonomi Jakarta Rp22 Triliun

Asian Games Berefek Langsung ke Ekonomi Jakarta Rp22 Triliun

asiaKontak Perkasa – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memperkirakan Asian Games 2018 memberikan dampak besar terhadap ekonomi Jakarta dan Sumatera Selatan.

Hitungannya, bagi ekonomi Jakarta pesta olah raga bangsa se-Asia tersebut bisa memberikan dampak langsung sebesar Rp22 triliun. Dampak tersebut didapat dari investasi konstruksi selama persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 sebesar Rp13,7 triliun.

Selain itu, dampak juga didapat dari operasional penyelenggaraan Asian Games 2018. “Dampak ekonomi juga didapat dari pengeluaran pengunjung mancanegara dan domestik yang diperkirakan mencapai Rp2,6 triliun,” katanya di Jakarta, Minggu (29/7).

Bagi Sumatera Selatan, hitungan Bappenas menunjukkan bahwa penyelenggaraan Asian Games bisa memberikan dampak ekonomi langsung sampai dengan Rp18,5 triliun.
Dampak ekonomi tersebut didapat dari nilai investasi konstruksi senilai Rp15,4 triliun yang didapat pada masa persiapan Asian Games dan operasional yang mencapai Rp2,1 triliun.

Selain memberi manfaat ekonomi langsung, Bambang mengatakan Asian Games juga memberikan dampak ekonomi tak langsung baik bagi Jakarta maupun Sumatera Selatan.

Bagi Jakarta, Asian Games bisa menambah produk domestik regional bruto (PDRB) DKI Jakarta riil sebesar Rp14 triliun selama periode 2015-2019. Tambahan tersebut berasal dari peningkatan investasi, belanja pemerintah dan konsumsi rumah tangga yang timbul akibat penyelenggaraan pesta olah raga tersebut.

Bambang menyatakan bahwa Asian Games 2018 juga bisa memberikan tambahan output bagi perekonomian Jakarta periode 2015-2019 sebesar Rp40,6 triliun.

“Tambahan tersebut didapat dari kegiatan konstruksi, persiapan sarana dan prasarana sebesar Rp18,5 triliun, kegiatan operasional penyelenggaraan Rp20,9 triliun dan kegiatan pengunjung domestik serta mancanegara sebesar Rp1,2 triliun,” katanya.

Sementara itu bagi Sumatera Selatan, Bambang memperkirakan bahwa Asian Games 2018 akan menambah PDRB riil mereka sampai dengan Rp4,2 triliun. Peningkatan PDRB tersebut terdorong oleh peningkatan investasi, belanja pemerintah dan konsumsi rumah tangga.

Asian Games 2018 kata Bambang juga berpotensi meningkatkan output perekonomian Sumatera Selatan pada periode 2015-2019 sampai dengan Rp11,1 triliun. “Output tersebut didapat dari kegiatan konstruksi persiapan sarana dan prasarana senilai Rp9 triliun, kegiatan operasional penyelenggaraan Rp1,6 triliun dan kegiatan pengunjung domestik dan mancanegara senesar Rp439 miliar,” katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berharap Asian Game sjuga memberikan kontribusi pada peningkatan penyerapan tenaga kerja di Jakarta. Dia berharap, 5 ribu sampai dengan 10 ribu lapangan pekerjaan tercipta selama penyelenggaraan Asian Games 2018.