PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | 5G di Depan Mata, Internet Cepat Buat Apa?

5G di Depan Mata, Internet Cepat Buat Apa?

5g

Kontak Perkasa – Apa itu 5G? Mungkin sebagian besar orang akan mengerti bahwa ini generasi kelima dari teknologi wireless broadband, generasi selanjutnya dari 4G LTE yang sudah kita gunakan sekarang.

Tetapi yang banyak orang belum menangkap adalah, apa yang terjadi setelah ekosistem 5G diterapkan. Ketika kata 5G dilontarkan, kebanyakan orang akan menjawab: “Ah 4G saja belum merata, belum ada di semua daerah, dan kecepatan 4G juga masih begitu-begitu saja, asal nonton Youtube tidak buffer saja saya rasa sudah ok.”

Kemudian ketika dikatakan 5G memiliki kecepatan berlipat-lipat dari 4G, sehingga kita bisa mengakses data di cloud secepat mengakses data di hard drive langsung, banyak orang akan berkata, “Wah habis kuota dong.”

Berkaca dari jawaban banyak orang, konsep 5G ini masih belum dimengerti sebagian besar orang. Intinya pengguna internet baru melihat dari sisi kecepatan yang tinggi masih dalam skala kegunaan terbatas, dan sisi kuota atau batasan penggunaan data masih menjadi hambatan.

Padahal, kehadiran 5G ini akan disruptif, dalam artian ia akan mengubah banyak bagian yang sudah kita kenal, dari cara kita mengakses internet, media sosial, industri, kesehatan, hingga pemerintahan. 5G akan menjadi jawaban pertanyaan: “Internet cepat untuk apa?”

Membangun Ekosistem

5G sendiri dibangun dari pondasi 4G, sehingga penerapannya akan lebih cepat dibanding saat wireless broadband mulai diperkenalkan. Kalau dulu dibangun dari sesuatu yang ‘tidak ada’ menjadi ada, sekarang ini perpindahan dari ekosistem 4G ke 5G akan lebih mudah.

Pasalnya, masyarakat sudah mengenal teknologi broadband, dari penggunaan internet yang masif, dari penggunaan smartphone sehari-hari, hingga berbagai device berbasis teknologi wireless. Untuk memulai teknologi 5G tentu harus dibuat ekosistemnya bersama, dari operator di banyak negara, hingga smartphone dan device 5G.

ntuk itu sebagai langkah awal, pada Februari 2018, Qualcomm sudah bekerjasama membangun ekosistem 5G NR (New Radio), bersama 18 operator dunia dan 19 OEM, pembuat smartphone dan modem, untuk melakukan ujicoba teknologi 5G NR di tahun ini, agar siap mengimplementasikannya untuk komersial nanti di awal tahun 2019. Jumlah dan OEM yang bekerjasama ini akan bertambah seiringnya waktu.

5G, Karakteristik yang Membedakan

Sekarang ini, ketika kita menggunakan smartphone, laptop, PC, dan banyak peralatan digital lain, ketika tidak tersambung ke internet, akan terasa fungsi peralatan tersebut menjadi terbatas sekali.

Sebelum era wireless broadband, cukup banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dengan peralatan tersebut. Tetapi sekarang, saat koneksi internet sudah menjadi tulang punggung, kita merasakan banyak cara dan kegiatan kita dengan berbagai peralatan tersebut berubah.

Kita melihat kehadiran media sosial mengubah kebiasaan kita untuk saling berhubungan, kehadiran berita secara digital sudah menghempaskan banyak media cetak, video streaming mulai menggantikan kebutuhan akan jaringan televisi, penjualan online mempengaruhi banyak toko tradisional, dan banyak lagi.

Kehadiran 5G NR, sekali lagi akan mengubah kebiasaan kita ke tingkat berikutnya karena membawa karakteristik yang baru sebagai berikut:

– Kecepatan Multi-gigabit

5G NR akan membawa kecepatan hingga Gbps (Gigabit). Dengan kecepatan seperti ini penjabaran mudahnya, jika kita mendownload film HD yang sebelumnya baru selesai dalam hitungan menit atau jam, akan selesai dalam hitungan detik.

– Kapasitas besar untuk menjadikannya unlimited data

5G NR akan bekerja di banyak spektrum yang luas termasuk mmWave. 4G LTE kita sekarang bekerja di cluster spektrum yang terbatas, sehingga penggunaan bandwithnya selain terbatas juga mahal karena berdesakan.