PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa | Google Assistant bakal Hadir di Ponsel Jadul

Google Assistant bakal Hadir di Ponsel Jadul

hp jadul

Kontak Perkasa – Google Assistant dikenal sebagai asisten digital untuk smartphone Android dan iOS. Namun nantinya, asisten digital ini juga bisa hadir di feature phone, alias ponsel jadul.

Ponsel jadul, meski sudah jarang terlihat digunakan, sebenarnya masih punya pasar yang cukup besar. Google pun sepertinya ingin menggarap pasar kelas bawah ini, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (12/12/2017).

Untuk saat ini, baru ada satu feature phone yang bisa mencicipi Google Assistant, yaitu Reliance JioPhone, yang diluncurkan di India. Ponsel ini punya OS-nya sendiri yang bernama KaiOS, berbasis pada OS Firefox bikinan Mozilla.

Khusus untuk ponsel tersebut, Google tentunya perlu memodifikasi asisten digitalnya itu agar bisa berfungsi. Artinya, Google Assistant di ponsel tersebut kemungkinan besar akan berbeda dibandingkan yang ada di ponsel Android, baik tampilan maupun fitur. Meski begitu, fungsi inti Google Assistant bisa dibilang akan tetap sama.

Usaha Google untuk menggarap pasar kelas bawah ini sejalan dengan langkah yang mereka lakukan sebelumnya, yaitu meluncurkan Android Go, OS Android yang dikhususkan bagi ponsel Android berspesifikasi rendah.