PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Kontak Perkasa Futures | Aksi Beli Diprediksi Akan Marak, IHSG Menguat

PT. Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (5/5), ditopang oleh pelaku pasar yang kembali melakukan aksi beli.

Analis senior Binaartha Securities Reza Priyambada menjelaskan, selain karena adanya aksi beli yang kembali marak, ia juga melihat secara teknikal IHSG memiliki peluang untuk bertahan di teritori positif.

Namun begitu, peluang tersebut masih perlu dilihat kembali pada pergerakan IHSG sepanjang hari ini. Untuk itu, Reza berharap adanya pemberitaan positif untuk mendorong lebih banyak aksi beli di pasar modal.

“Kenaikan ini masih harus kembali diuji untuk mengetahui seberapa tahan kenaikan tersebut untuk membentuk penguatan lanjutan,” terang Reza dalam risetnya, dikutip Jumat (5/5).

Hari ini, Reza memprediksi IHSG dapat bergerak dalam rentang support 5.629-5.649 dan resisten 5.682-5.695.

Senada, analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya memprediksi IHSG bergerak positif pada akhir pekan ini. Di mana katalis utama penguatan tersebut masih dari arus dana asing (capital inflow).

Terbukti, asing masih terus tercatat beli bersih (net buy) dalam satu pekan ini meski IHSG sempat mengalami pelemahan dalam tiga hari berturut-turut. Pada perdagangan di pasar reguler kemarin, investor asing tercatat beli bersih sebesar Rp800,46 miliar.

“IHSG saat ini terlihat sedang bergerak dalam rentang konsolidasi sebelum melanjutkan kembali kenaikan dalam jangka pendek,” ungkap William dalam risetnya.

Menurut William, IHSG memiliki peluang untuk menembus resisten ke level 5.690. Sementara, pergerakan IHSG diprediksi tidak dibawah level 5.623.

Gairah transaksi di pasar modal domestik pun surut seiring dengan semakin kuatnya sentimen dari persepsi pelaku pasar. Untuk itu, Reza menilai IHSG akan mengalami koreksi lanjutan dan berada dalam rentang support 5.621-5.634 dan resisten 5.673-5.700.

Berbeda dengan Reza, analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya masih optimistis IHSG akan berbalik arah positif didorong oleh arus dana asing (capital inflow) yang masih terus berlangung.

“Peluang IHSG masih terbentang cukup lebar, mengingat capital inflow ke pasar modal masih berlanjut,” ungkap William dalam risetnya.

Namun ia mengingatkan, pelaku pasar tetap dapat memanfaatkan momen jika terjadi koreksi di pasar modal dengan melakukan akumulasi pembelian. Hal ini berlaku bagi pelaku pasar jangka menengah dan panjang. Hari ini, ia memprediksi IHSG bergerak dalam rentang support 5.626 dan resisten 5.742.

Adapun, IHSG ditutup melemah pada perdagangan kemarin sebesar 28,44 poin (0,5 persen) ke level 5.647 setelah bergerak di antara 5.647-5.686. Dengan penurunan yang sudah terjadi dalam tiga hari berturut-turut tersebut, diakui Reza telah menghilangkan keinginan pelaku pasar kembali masuk dan memutuskan menahan diri.

PT KONTAK PERKASA FUTURESPT KONTAK PERKASA