d0859a75939587cc97c8eab7354bb7ddKONTAK PERKASA FUTURES – Saham Asia mengikuti rally ekuitas AS, dengan indeks acuan regional pangkas penurunan minggu kedua seiring saham material memimpin terlebih dahulu.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,8 % ke level 121,66 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo setelah kemarin turun 1,7 %. Indeks tersebut menuju pelemahan 1,9 % selama minggu ini. Indeks Standard & Poor 500 bergerak naik pada hari Kamis, dipimpin oleh minyak mentah dan saham komoditas lainnya, terkait harga minyak mentah rebound di atas level $ 31 per barel dan logam juga menguat. Komentar oleh Ketua Federal Reserve Bank of St Louis James Bullard bahwa penurunan harga energi bisa merusak ekspektasi inflasi yang dapat membantu rally pada bahan bakar seiring sinyal teknis yang menyarankan aksi jual kemungkinan sudah terlalu jauh.

Pedagang telah whipsawed pada tahun 2016, dengan ekuitas di seluruh dunia berhenti untuk awalan terburuk mereka untuk tahun ini karena harga minyak anjlok ke level terendahnya lebih dari satu dekade terakhir dan China berjuang untuk mempertahankan kontrol atas pasar tersebut. Indeks MSCI Asia Pacific turun 7,7 % pada tahun ini, sementara Indeks Shanghai Composite merosot 15 %.

Sumber : Bloomberg