PT Kontak Perkasa Futures Sudirman

Monthly Archives: September 2018

Kontak Perkasa | 51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia

51% Saham Freeport Resmi Milik Indonesia

freeportKontak Perkasa – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum telah meneken Sales and Purchase Agreement (SPA) dengan Freeport McMoRan Inc kemarin di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat. Penandatanganan dilakukan oleh Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson.

Penandatanganan ini merupakan lanjutan dari dari penekenan pokok-pokok perjanjian (Head of Agreement/HoA) antara pemerintah dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat, Freeport-McMoRan Inc (FCX) yang dilakukan pada 12 Agustus 2018 lalu.

Pasca penandatanganan ini, Inalum masih harus menyelesaikan administrasi dan pembayaran sebesar US$ 3,85 miliar atau Rp 56 triliun agar mendapatkan kepemilikan 51,2%. Pembayaran tersebut ditargetkan selesai November 2018.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa pihaknya menunggu PT Freeport Indonesia (PTFI) mengirim surat untuk mengubah susunan pemegang saham perseroan. Hal ini dilakukan setelah dilakukannya penandatanganan Sales and Purchase Agreement (SPA) antara PT Inalum (Persero) dengan Freeport McMoRan Inc.

“Kalau setelah ini kita tunggu PT Freeport Indonesia mengirimkan surat kepada ESDM sebagai regulator untuk ubah pemegang saham,” ujar Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Setelah hal itu dilakukan, maka Kementerian ESDM akan mengubah status kontrak Freeport Indonesia dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

“Lalu setelah itu kami bisa akhiri KK jadi IUPK. Kapan? Tergantung selesai pembayaran Inalum kedua itu kapan,” tutur Jonan.

Jonan juga menambahkan bahwa akuisisi 51% saham PTFI ke Inalum sudah selesai dilakukan, hanya saja tinggal menyelesaikan sejumlah proses administrasi.

“Ini tinggal administrasi saja. Sudah selesai,” kata Jonan.